Sabtu, 30 Mei 2009

Wasir/Ambeien

Mejor respuesta - elegida por los votantes

ya itu adalah wasir/ambeien

Penyebab Wasir


Wasir itu dapat disebabkan oleh beberapa hal.

Dalam ilmu kesehatan, wasir tidak dianggap sebagai penyakit keturunan. Tetapi kebanyakan pasien wasir kami memiliki hubungan keluarga dengan penderita wasir didalam keluarga. Jumlahnya sekitar 70% pasien dari pasien kami memiliki keluar yang pernah menderita wasir. Hal ini dapat dijadikan petunjuk bahwa didalam keluarga yang pernah menderita wasir atau ambeien dapat saja terjadi pada anggota keluarga yang lain.

Dalam hal hubungan sipenderita wasir didalam keluarga bisa saja disebabkan dari pola makan. Misalnya didalam sebuah keluarga sering mengkonsumsi makanan pedas atau kebiasaan mengkomsumsi pola makan yang kurang sehat. Hal ini menjadi pemicu wasir karena pola makan yang salah atau kurang baik didalam sebuah keluarga. Bisa saja ayah atau ibu pernah menderita wasir, dan beberapa tahun kemudian si anak juga mengindap wasir karena mengikuti pola makan dari orang tuanya.

Apakah pola makan yang salah ?. Didalam kehidupan modern saat ini , banyak sekali masyarakat memiliki pola makan kurang sehat Sayangnya cara makan yang salah tersebut tidak diperbaiki dengan penambahan untuk mengkonsumsi jenis makanan berserat.

Pada kenyataannya, makanan berserat sangat dibutuhkan untuk proses pencernaan , dan salah satunya meringankan beban bagian bawah ketika buang air besar (BAB). Misalnya anda sering makan daging tetapi tidak diimbangi dengan makanan berserat seperti buah buahan. Hal inilah dapat memicu seseorang dapat menderita wasir.

Masalah lain menjadi penyebab wasir adalah mereka yang suka buang air besar dengan memaksa seperti memberikan tekanan dibagian bawah misalnya me-ngejan (ngeden). Wasir sangat berhubungan dekat dengan kebiasaan seseorang untuk buang air besar dengan pola makan yang kurang sehat.

Tekanan dibagian anus dengan kotoran yang keras sangat memungkinkan menimbulkan pembengkakan dan melukai pembuluh darah sehingga lecet atau luka. Hasilnya bagian anus akan lecet dan membuat darah mengalir dari anus. Atau pembuluh darah akan terus membengkak dan membesar karena tekanan kotoran tadi dan menjadi wasir.



Mengobati secara dini

Banyak pasien datang sudah dalam keadaan tingkat stadium 3 dan 4 . Artinya si pasien sudah dapat melihat wasir keluar dari lubang anus dan menganggu aktifitasnya. Untuk stadium 1 dimana wasir belum terlihat dan hanya terjadi lecet, mungkin si pasien tidak terlalu peduli dan tidak menyangka hal tesebut adalah wasir. Hal ini wajar saja, biasanya gejala wasir sulit terditeksi untuk stadium 1.

Alangkah baiknya untuk mengobati wasir ketika wasir mulai menonjol keluar pada stadium 2. Jadi mengapa harus menunggu sampai wasir harus menganggu bahkan menyakitkan si penderita. Mengobati secara dini akan lebih baik dan lebih mudah dibandingkan stadium 3 dan 4 ketika wasir sudah terlihat jelas dengan keluar daging dan terus semakin membesar.

Jangan merasa malu untuk berobat wasir karena dengan mengabaikannya hanya akan semakin parah.



Cara menghindari Wasir

Bila anda belum menderita wasir, cara menghindari penyakit wasir sebenarnya sangat mudah yaitu :

Mengkonsumsi makan berimbang dengan makanan berserat akan menghindari anda dari wasir atau ambeien.
Hindari mengejan (ngeden) ketika buang air besar
Gunakan WC duduk agar tekanan ketika buang air besar terhadap dubur tidak terlalu besar.
Dasar dari penyakit Wasir , HEMORRHOIDS BASIC.


Pada umumnya Ambeien adalah vena/veins yang bengkak dalam rectum anus, mereka hampir menyerupai varises yang sering kita jumpai pada kaki orang.
Pada saat terjadi pembengkakan pada vena, terjadi iritasi, gatal, sakit, atau bahkan pendarahan (blooding).
Sampai saat ini, penyebab terjadinya belum dapat ditentukan dengan pasti. Tetapi kebanyakan yang menderita penyakit ini disebabkan oleh :

Pekerja yang duduk disatu tempat berjam-jam
Ngeden (ngejan) pada saat buang air besar (susah buang air besar)
Duduk di toilet sambil membaca (lama)
Diare
Sewaktu kehamilan / setelah melahirkan
Sering angkat berat
Pola makan yang kurang teratur
Kurang asupan serat (sayur dan buah-buahan)
Faktor Keturunan




Ada dua jenis Ambeien/Hemorrhoids :


Ada dua jenis Ambeien atau Hemorrhoids dilihat dari posisi tumbuh.

Hemorrhoids External atau Ambeien luar memiliki ciri berada diposisi lubang anus atau dubur. Letak Ambeien luar umumnya berada disisi depan dan bukan berada dibagian dalam lubang anus / dubur.

Hemorrhoids Internal atau Ambeien dalam memiliki letak berada didalam lubang anus. Hemorrhoids Internal umumnya hanya terlihat kecil ketika tumbuh sebagai penyakit dan sulit terlihat. Bila semakin membesar akan keluar terdorong oleh kotoran dan terus saja keluar sehingga mulai menganggu aktifitas seseorang.



Tingkat dalam Hemorrhoids/Ambeien/Wasir :


Tingkat dari besar kecilnya Hemorrhoids/Ambeien/Wasir dibedakan dengan nama stadium Hemorrhoids/Ambeien/Wasir sebagai berikut :

Stadium 1 Stadium 2 Stadium 3 Stadium 4
Pada tingkat pertama, Ambeien / Hemorrhoids tidak terlalu dirasakan dan tidak banyak menganggu aktifitas seseorang. Ciri pada stadium satu dirasakan dengan terasa panas, gatal, susah buang air besar Untuk tingkat kedua memiliki rasa sakit dan terjadi pendarahan ketika buang air besar. Terkadang Hemorrhoids / Ambeien / Wasir akan menampakan benjolan atau disertai berdarahnya bila seseorang sedang buang air besar. Hemorrhoids/Ambeien/Wasir yang keluar dalam bentuk daging kecil dapat masuk kembali. Pada tingkat ketiga, mulai terjadi pendarahan dan keluar benjolan yang disertai rasa sakit dan benjolan tersebut harus didorong untuk memasukkannya. Benjolan dari Hemorrhoids / Ambeien / Wasir mulai menganggu aktifitas dan terus membandel karena seringkali keluar walaupun bentuk Hemorrhoids/Ambeien/Wasir masih terlihat kecil sebesar jari kelingking. Pada tingkat keempat, Hemorrhoids / Ambeien / Wasir akan terus keluar walaupun sudah didorong dan bentuknya akan mulai tampak jelas bahkan sedemikian besarnya dapat membentuk lingkaran disekitar lubang dubur.

Untuk tingkat stadium penyakit Hemorrhoids/Ambeien/Wasir khususnya Wasir yang berada didalam sulit diketahui apakah tingkat dari besarnya wasir sudah memasuki stadium 1, 2 , 3 atau 4. Karena ukuran besar dan kecilnya Hemorrhoids/Ambeien/Wasir tidak akan tampak seluruhnya.



Pencegahan awal akan sangat baik :


Apabila anda merasakan hal-hal semacam itu, segera konsultasi dengan Ahli Pengobatan Wasir / Ambeien / Hemorrhoids.
Tanyakan yang jelas keadaan kesehatan anda sebelum terlambat. Karena semakin hari Hemorrhoids/Ambeien/Wasir akan semakin besar bila tidak dicegah.

Lebih mudah mencegah dan diobati sejak dini sebelum Hemorrhoids/Ambeien/Wasir anda mulai menganggu aktifitas sehari-hari.

Fuente(s):

tefaron.com
  • hace 1 año

Tidak ada komentar: